Info Sekolah
Jumat, 18 Apr 2025
  • SMK Yadika 12 Melakukan Pengembangan Halaman Web Terkini
  • SMK Yadika 12 Melakukan Pengembangan Halaman Web Terkini

KURIKULUM

A. Deskripsi Kurikulum

Sejak tahun pelajaran 2022/2023, SMA Yadika 12 Depok menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum Merdeka dirancang dengan karakteristik pembelajaran:

  1. Memanfaatkan penilaian atau asesmen pada awal, proses, dan akhir pembelajaran untuk memahami kebutuhan belajar dan perkembangan proses belajar yang telah ditempuh peserta didik;
  2. Menggunakan pemahaman tentang kebutuhan dan posisi Peserta Didik untuk melakukan penyesuaian pembelajaran;
  3. Memprioritaskan terjadinya kemajuan belajar peserta didik dibandingkan cakupan dan ketuntasan muatan Kurikulum yang diberikan; dan
  4. Mengacu pada refleksi atas kemajuan belajar peserta didik yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendidik lain

B. Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum Merdeka dibagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran utama, yaitu:

  1. Pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler. Kegiatan pembelajaran intrakurikuler di setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. CP diatur oleh SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No. 57 Tahun 2022.
  2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 6 dimensi, yaitu:

a. Dimensi Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

b. Berkebinekaan Global

c. Gotong Royong

d. Mandiri

e. Bernalar

f. Kreatif

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 30% dari total JP per tahun. Sistemnya dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan.

a. Muatan

Projek mengacu pada capaian 3P sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.

b. Waktu

Projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

C. Mata Pelajaran

Pada Fase E (kelas 10), pengorganisasian pembelajaran IPA dan IPS dilakukan dengan pendekatan mengajarkan muatan IPA atau IPS secara paralel, dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan-muatan pelajaran IPA atau IPS tersebut.

Pada Fase F (kelas 11 dan 12), struktur mata pelajaran dibagi menjadi 2 kelompok utama, yaitu:

  1. Kelompok Mata Pelajaran Umum
  2. Kelompok Mata Pelajaran Pilihan

D. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menentukan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan pendidik dengan menggunakan beberapa pendekatan, diantaranya: (1) menggunakan deskripsi sehingga apabila peserta didik tidak mencapai kriteria tersebut maka dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran, (2) menggunakan rubrik yang dapat mengidentifikasi sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, (3) menggunakan skala atau interval nilai, atau pendekatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan pendidik dalam mengembangkannya. Berikut adalah contoh- contoh pendekatan yang dimaksud

Informasi Sekolah

SMA YADIKA 12

NPSN 20258514
Jl. Limo Raya No 20 Meruyung
TELEPON (021)7530286
EMAIL info@smayadika12.com
WHATSAPP +62 877-2984-6130